Tips Sebelum Membeli Domain

Tips Sebelum Membeli Domain - Domain tentunya sudah sering terdengar di telinga para pengguna internet, saya sendiri mulai mengenal kata domain ketika saya masih duduk di bangku SMP dan alhamdulilah ada buku pelajaran teknologi informasi soal domain dan hosting, tentu itu semua menjadi ilmu yang bermanfaat agar saya dapat menyebarkanya kepada orang lain. Sebelumnya saya sudah membahas artikel yang berjudul Apa Itu Domain dan Pengertianya. Sebaiknya anda membaca artikel tersebut untuk memahami apa itu domain.

Tips Sebelum Membeli Domain

Setelah membaca artikel tersebut maka anda akan mengetahui apa saja domain yang ada di internet, macam-macam tingkatan domain dan lain sebagainya. Dulu sebelum saya membeli domain saya juga sempat merasa bingung dalam memilih nama domain yang tepat dan mudah di ingat pengguna di internet. Saya membandingkan berbagai referensi di internet untuk mendapatkan nama domain terbaik yang saya inginkan, kemudian saya teringat dengan situs bernama Jalantikus.com, nama domain situs tersebut mudah di ingat dan isi dari situs tersebut adalah review soal komputer, handphone dan berbagai aplikasi android lainya.

Namun saya menemukan artikel bahwa katanya nama domain blog paling tidak mengandung keyword atau kata kunci yang menunjukan niche situs, tapi saya tidak setuju seratus persen. Karena lihat saja situs Jalantikus, nama domain situs tersebut tidak mencerminkan apa niche situs tersebut, namun situs tersebut mampu bersaing di mesin pencari Google.

Berikut Tips Sebelum Membeli Domain :

Tentukan Sasaran Website Anda Terlebih Dahulu!

Sasaran adalah hal utama dalam membangun blog atau website anda, sebelum itu anda harus menentukan terlebih dahulu apakah website anda digunakan untuk daerah lokal kota anda, lokal Indonesia atau Internasional. Contoh jika saya ingin membuat website skala kabupaten kota tempat saya maka saya akan sesuaikan nama domain sesuai daerah tempat saya tinggal seperti jualbatiksragen.com atau batikmurahsragen.com dan jika saya ingin memiliki web dengan skala lebih besar saya bisa membuat nama domain saya jualbatikjateng.com, batikmurahjatim.com atau jika ingin ke skala nasional anda dapat menggunakan nama batikmurahindonesia.com ataupun jika anda memiliki perusahaann resmi lebih baik lagi menggunakan .co.id

Pilih Nama Domain Yang Mudah Di Ingat

Nama domain yang mudah di ingat tentunya akan memberi dampak yang positif bagi situs anda, karena pembaca akan mudah mengingat nama domain anda dan kemungkinan untuk mengunjungi situs anda akan lebih besar.

Tentukan Target Pembaca Situs Anda

Domain yang anda pilih sangat menentukan siapa dan darimana pembaca dapat menemukan situs anda di mesin pencari. Contohnya situs dengan domain .co.id (Indonesia) sangat jarang dan hampir tidak di temukan di mesin pencari Google Jepang. Begitu juga anda akan sangat sulit menemukan situs dengan domain co.jp di Google Indonesia.

Jadi anda harus menentukan target pembaca situs anda, apakah bersifat global atau lokal. Kalau untuk saya pribadi lebih menyukai domain com (commercial) karena bersifat global.

Lihat Lama Masa Berlaku Domain

Anda harus melihat masa berlaku domain, jangan sampai masa berlaku domain anda habis karena tidak diperpanjang. Tentu ini akan membuat reputasi situs anda menjadi jelek karena sulit untuk di akses. Apalagi harga domain semakin lama semakin murah, anda dapat membeli domain mulai dari Rp.100.000 di banyak situs penyedia domain di internet anda dapat membaca artikel sebelumnya yang berjudul Situs Penyedia Hosting dan Domain Terbaik Di Indonesia.

Beli Domain Di Situs Terpercaya

Belilah domain di situs yang terpercaya agar anda dapat dengan mudah memperbarui nama domain anda di kemudian hari tanpa takut situs penyedia domain tersebut bangkrut, kalau bangkrut mau memperpanjang domain kemana coba ?. Saya perna menemukan orang yang menjual domain secara perseorangan di facebook, namun anda harus memperhatikan usia akun facebook penjual domain tersebut apakah masih baru atau sudah lama digunakan, hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan dan sangat ditakutkan bila penjual domain tersebut off dari dunia maya atau berganti akun (kalau ganti akun anda mau perpanjang domain anda dimana ?). Anda harus menanyakan dimana penjual tersebut membeli domain dan lebih baik jika anda membeli domain tersebut lalu mencari jasa pemasangan domain di blog anda.

Itulah beberapa tips sebelum membeli domain. Domain memang tidak sekedar nama situs kita di internet, namun bisa juga sebagai penyemangat agar kita terus update blog kita untuk meraih kesuksesan dimasa yang akan datang. Semoga bermanfaat.


Tips Sebelum Membeli Domain Rating: 4.5 Posted By: Travel and Destination Guide

0 komentar: