Cara Memperbaiki Lampu Sein Yang Tidak Mau Berkedip

Cara Memperbaiki Lampu Sein Yang Tidak Mau Berkedip - Motor merupakan kendaraan transportasi yang sangat umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Banyak juga masalah-masalah pada sepeda motor yang timbul karena berbagai faktor seperti usia, cara pemakaian dan lain-lain. Saya sendiri beberapa waktu yang lalu mengalami masalah pada sepeda motor tua saya Honda C70 pada bagian Flasher yang berfungsi sebagai pengatur kedipan lampu sein.

Sebelumnya saya telah membaca beberapa referensi di internet kenapa lampu sein saya tidak mau berkedip dan katanya ada kerusakan pada bagian flasher dan ternyata benar setelah saya konsultasi di salah satu bengkel sepeda motor di kampung, flasher saya sudah mati dan harus di ganti. Mungkin bagi sebagian para pembaca artikel ini bingung, bagaimana cara ganti flasher sendiri ? dan pertanyaan lainnya. Langsung saja baca artikel ini dan praktekan.

Cara Memperbaiki Lampu Sein Yang Tidak Berkedip :


  1. Siapkan flasher baru, harganya sekitar Rp. 15.000 - Rp. 30.000. Kalau punya saya cuma Rp. 20.000
  2. Siapkan obeng + atau - (menyesuaikan sesuai dengan baut yang ada)
  3. Pertama cari letak flasher motor anda berada. Biasanya pada motor baru, flasher berada di body sebelah kiri sepeda motor (karena yang kanan adalah wadah aki) dan untuk motor tua Honda C70, flashernya tidak berada di body melainkan berada di belakang headlamp (lampu kepala)
  4. Coba buka body kanan atau lampu kepala dan jika anda menemukan benda dengan dua atau tiga pin seperti gambar di bawah ini maka itulah yang disebut flasher
    Flasher sepeda motor
  5. Anda akan menemukan flasher terpasang pada socket atau dudukanya, biasanya dudukannya seperti gambar di bawah ini
    Socket atau dudukan flasher
  6. Kemudian coba cabut dan pasang kembali flasher lama anda, bisa saja tidak berfungsi karena kendur. Jika lampu sein masih tidak berkedip maka cabut flasher lama dari dudukannya dan ganti dengan flasher baru. Setelah itu cek apakah lampu sein telah bekerja dengan baik.
  7. Selesai.
Itulah sedikit pengalaman saya mengenai masalah motor yang kali ini merupakan masalah pada lampu sein yang tidak mau berkedip, Semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki Lampu Sein Yang Tidak Mau Berkedip Rating: 4.5 Posted By: Travel and Destination Guide

0 komentar: