Apa Itu Blog ?

Apa Itu Blog ? – Berawal dari teman wanita saya yang bertanya-tanya mengenai blog dan saya terinspirasi untuk membuat artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Apa Itu Blog, Bagaimana Cara Membuat Blog, Apa itu SEO dan Bagaimana Mendapatkan Penghasilan Dari Blog ?

Saya mulai memiliki hobi untuk menulis atau biasa di sebut dengan istilah ngeblogsaat saya masih duduk di bangku kelas 1 SMP, kebetulan saat itu saya masuk ke salah satu SMP favorit di kota saya yang membuat saya bertemu dengan orang-orang yang mengetahuilebih banyak ilmu mengenai ilmu pengetahuan teknologi di bandingkan dengan saya. Ada cerita menarik yaitu saat MOS (Masa Orientasi Siswa) saat itu, yaitu saya melihat banyak teman-teman yang membawa laptop dan bermain gam Counter Strike dan Condition Zero saat itu saya tertarik dengan game tembak-tembakan atau dalam bahasa inggrisnya di sebut First Person Shooter (FPS) dan saya memberanikan diri untuk mencoba meminjam laptop teman saya untuk memainkan game tersebut.

Saat pertama kali mencoba menyalakan laptop saya bingung bagaimana cara menghidupkanya dan saya terpaksa memanggil teman saya sang pemilik laptop untuk memberitahu saya bagaimana cara menghidupkan laptop, hehe. dari situlah saya melihat setiap aktivitas teman saya , salah satunya adalah blogging atau ngeblog yang di lakukan oleh teman saya. Saya tertarik untuk membuat blog dan saya meminta teman saya untuk di ajari bagaimana cara membuat blog. Setelah di buatkan saya meminjam laptop teman saya selama beberapa menit untuk posting artikel saya yang berisi kata-kata mutiara yang saya karang sendiri kalau tidak salah.

Waktu terus berlanjut dan saya mulai posting artikel mengenai ilmu teknologi ke blog saya, obsesi saya untuk bisa menjadi Hacker saat itu sangat tinggi, minat saya untuk membaca buku juga sangat besar. Saya membeli buku tentang blog dan lain sebagainya yang membuat ilmu saya semakin bertambah. Namun saya sadar bahwa hacking itu tidak baik bahkan saya juga tidak bisa melakukan apa-apa, hehe Cuma sebutanya aja hacker padahal ilmunya sedikit. Saya mulaii posting artikel dengan tema ilmu teknologi, sejarah yang isinya Cuma beberapa kata, tidak sampai 20 kata bahkan namun entah mengapa malah artikel itulah yang mendatangkan cukup banyak pengunjung. Baiklah saya mulai silahkan baca ulasan saya mengenai blog di bawah ini.

Apa Itu Blog ?


Blog adalah suatu situs gratis yang di isi sesuai dengan isi hati pemiliknya, jadi blog adalah seperti diary dari sang penulis.

Bagaimana Cara Membuat Blog ?


Pertama anda harus memiliki email dari Gmail. jika anda belum memiliki Gmail silahkan daftar dahulu agar dapat mendaftar ke blogger.com
Buka blogger.com kemudian masukan email dan kata sandi gmail anda.
Setelah itu klik buat blog baru dan isi nama blog dengan nama yang anda ingingkan, isi juga alamat blog anda sesuai dengan apa yang anda inginkan. Saran saya, buatlah alamat blog sesuai dengan tema blog yang anda buat. Contoh : saya ingin membuat blog dengan tema komputer maka lebih baik kalau alamat blognya tutorial-komputer.blogspot.com atau jika saya ingin membuat blog dengan tema android maka alamat blog yang tepat adalah tutorial-android.blogspot.com dan lain sebagainya.

Artikel Apa Yang Cocok Untuk Di Posting Di Blog ?


Artikel yang cocok untuk di posting di blog adalah sesuai dengan tema blog yang anda buat. contoh jika kamu telah membuat blog yang tentang ilmu teknologi berarti kamu harus posting artikel mengenai ilmu teknologi. Akan terlihat lucu jika blog yang judulnya teknologi tapi konten blognya berisi resep masak, hehe.

Apa Itu SEO ?


SEO atau Search Enggine Optimization atau optimasi mesin pencari dalam bahasa Indonesia adalah optimasi yang dilakukan pada blog agar dapat masuk atau dapat tampil pada halaman pertama Google dengan keyword atau kata kunci tertentu. Salah satu SEO yang saya terapkan adalah membuat postingan atau artikel lebih dari 1000 kata seperti pada artikel ini, dan template yang saya gunakan ini. Menurut saya cara ini lebih efektif karena yang di butuhkan pengunjung adalah konten atau isi dalam artikel yang di carinya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Lewat Blog ?


Seperti di dunia nyata, mencari uang di dunia maya seperti blog memang sulit. Namun jika di kerjakan dengan rutin dan menganggap ngeblog sebagai hobi maka tidak akan memberatkan kita dalam mengurus blog. Berikut beberapa cara untuk mencari uang lewat blog :
  1. Memasang Iklan PPC (Pay Per Click)
    Pay Per Click memang sudah banyak menjadi pilihan para blogger. Namun bagaimana PPC dapat menghasilkan uang ? jika anda telah memasang iklan PPC di blog anda dan pengunjung anda klik iklan PPC tersebut, maka anda akan diberi komisi sesuai dengan ketentuan situs PPC yang iklanya telah anda pasang pada blog anda. Salah satu situs PPC terpercaya adalah Googel Adsense, SITTI, Iklan Blogger.
  2. Affiliate
    Apa itu Affiliate? Menurut saya affiliate adalah anda membantu menjualkan produk orang lain dengan anda memasang script yang telah di sediakan situs affiliate dan jika ada orang yang klik iklan di blog anda dan membeli produknya maka anda akan mendapatkan komisi. Namun jika hanya klik namun tidak membeli maka anda tidak mendapatkan apa-apa.
  3. Iklan Mandiri
    Inilah dia yang paling simple namun sulit. Kenapa begitu? Simple karena anda dapat memasang iklan anda atau orang lain dan memberi tarif sesuai dengan keinginan anda dan dalam waktu yang telahh di sepakati bersama. Contohnya saya memiliki blog yang page view atau pengunjungnya perhari rata-rata 1000, dan saya ingin membuat ruang yang menawarkan kepada orang lain untuk memasang produk mereka di blog saya. Dan saya menulis tariff sebesar Rp.150.000/bulan dan ternyata ada orang yang minat maka hal ini lebih mudah dan simple. Iklan mandiri juga sulit karena tidak mudah mendatangkan 1000 pengunjung/perhari.
  4. Menjual Produk Sendiri Di BlogMenjual produk sendiri di blog sendiri memang dapat menjadi pilihan, Selain tidak perlu memasang iklan di blog orang lain kita juga dapat dengan mudah memasarkan produk kita ke orang banyak di internet. Namun masalahnya blog kita sebaiknya memiliki domain TLD (Top Level Domain) dan memiliki template dan konten yang meyakinkan agar para pengunjung mempercayainya. Kesulitan ke 2 yaitu sulitnya mendatangkan banyak pengunjung ke blog.

Blog memiliki banyak fungsi, dan blog terbagi menjadi dofollow dan nofollow ada juga blog zombie, blog dummy dan blog juga memiliki berbagai macam tema atau niche. Itulah sedikit ilmu yang saya bahas kali ini, semakin semangat dalam ngeblog dan semakin semangat dalam berusaha. Sekian artikel saya kali ini mengenai Apa Itu Blog, Bagaimana Cara Membuat Blog, Apa itu SEO dan Bagaimana Mendapatkan Penghasilan Dari Blog. Semoga bermanfaat. :)

Apa Itu Blog ? Rating: 4.5 Posted By: Travel and Destination Guide

0 komentar: