Pengertian, Fungsi Gardan dan Cara Perawatan Gardan Mobil- Anda tentu sudah pernah melihat gardan mobil atau paling tidak sudah pernah mendengar kata "gardan". Differential atau biasa disebut gardan adalah bagian yang penting dalam mobil. Bagaimana mesin dapat menggerakan mobil ? bagaimana ban kanan dan kiri dapat bergerak secara bersamaan ? gardan-lah yang menggerakan mobil dan menggerakan ban kanan dan kiri secara bersamaan, hehe.
Saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam (B) lebih kecil dari jarak tempuh roda bagian luar (A) Jadi, roda bagian luar harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam.
Bila roda – roda berputar dengan putaran yang sama, maka salah satu ban akan slip, yang menyebabkan ban akan cepat aus dan laju kendaraan bisa saja tidak sesuai. Untuk mengatasi hal ini diperlukan differential atau gardan untuk membedakan putaran roda.
Jadi, putaran roda kanan dan kiri haruslah disesuaikan karena medan. Jika putaran tidak dibedakan maka ban akan slip. Saat mobil berbelok maka putaran roda dalam akan lebih sedikit dari roda bagian luar dan jika tidak dibedakan jumlah putarannya maka ban dalam akan slip dan tentunya mobil tidak berjalan baik dan ban akan aus.
Oli gardan berfungsi sebagai pelumas gear yang ada di dalam gardan, gear yang terus bergesekan dan rentan aus dilindungi oleh oli. Oli juga memiliki banyak fungsi yaitu untuk mendinginkan gardan dan penyekat, Melindungi komponen mesin dari karat, pembersih mesin, dan penutup celah yang ada pada dinding mesin. Menurut wikipedia oli mengandung lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah benturan antar logam di dalam mesin. Saya juga telah menulis artikel bagaimana cara mudah untuk mengganti oli gardan atau differential mobil.
Pernahkan anda mendengar suara tak wajar atau mendengung dari gardan saat mobil melaju ? suara tersebut terjadi akibat komponen-komponen yang ada di dalam gardan mengalami gesekan yang mengakibatkan aus pada gardan karena tingkat kekentalan oli (viskositas) sudah berkurang, oli yang sudah berkurang atau bahkan sudah habis. Ganti oli gardan tiap 10.000 Km
Sekian artikel saya kali ini yang berjudul pengertian gardan, fungsi gardan dan cara perawatan atau merawat gardan mobil. Semoga bermanfaat.
Gardan dan Bagian-Bagiannya |
Fungsi dan Pengertian Gardan atau Differential
Gardan berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin yang telah melewati transmisi dan propeller shaft ke poros roda. Propeller shaft adalah poros gardan atau dalam istilah bengkelnya disebut poros kopel.Merubah Arah Putaran Mesin
Mesin dan gardan dihubungkan oleh Propeller Shaft. Gardan akan mengubah arah putaran mesin dan roda agar sesuai sehingga mobil dapat berjalan. Jadi tenaga putar dari mesin diubah oleh differential agar dapat menggerakan roda mobil agar bisa berjalan. kita tahu mesin hanya menghasilkan tenaga putar yang jika arahnya tidak diubah atau disesuaikan maka tidak akan memutar roda dengan baik.Memperbesar Tenaga atau Momen
Gardan juga berfungsi untuk memperbesar tenaga putar atau momen. Jadi gardan akan memperbesar tenaga dari mesin yang telah diteruskan ke propeller shaft dan sampai ke differential. sehingga tenaga menjadi lebih kuat.Membedakan Putaran Roda
Saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam (B) lebih kecil dari jarak tempuh roda bagian luar (A) Jadi, roda bagian luar harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam.
Bila roda – roda berputar dengan putaran yang sama, maka salah satu ban akan slip, yang menyebabkan ban akan cepat aus dan laju kendaraan bisa saja tidak sesuai. Untuk mengatasi hal ini diperlukan differential atau gardan untuk membedakan putaran roda.
Jadi, putaran roda kanan dan kiri haruslah disesuaikan karena medan. Jika putaran tidak dibedakan maka ban akan slip. Saat mobil berbelok maka putaran roda dalam akan lebih sedikit dari roda bagian luar dan jika tidak dibedakan jumlah putarannya maka ban dalam akan slip dan tentunya mobil tidak berjalan baik dan ban akan aus.
Cara Merawat Differential Atau Gardan Mobil :
Merawat gardan sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan mengganti oli gardan/differential secara rutin tiap 10.000 Km. Namun banyak orang yang menyepelekan, lupa atau bahkan tidak tahu bahwa didalam gardan ada olinya (seperti saya yang tadinya tidak tahu bahwa didalam gardan terdapat oli,hehe) Anda harus mengusahakan mengganti oli gardan dengan segera jika dikira sudah waktunya mengganti oli gardan sebelum gardan anda mengalami kerusakan yang akhirnya juga membuat anda mengalami kerugian karena harus melakukan servis ke bengkel.Oli gardan berfungsi sebagai pelumas gear yang ada di dalam gardan, gear yang terus bergesekan dan rentan aus dilindungi oleh oli. Oli juga memiliki banyak fungsi yaitu untuk mendinginkan gardan dan penyekat, Melindungi komponen mesin dari karat, pembersih mesin, dan penutup celah yang ada pada dinding mesin. Menurut wikipedia oli mengandung lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah benturan antar logam di dalam mesin. Saya juga telah menulis artikel bagaimana cara mudah untuk mengganti oli gardan atau differential mobil.
Ciri-Ciri Ada Masalah Pada Gardan Mobil :
Apakah Ada Suara Yang Berasal Dari Gardan ?
Coba dengarkan suara tak wajar yang berasal dari gardan saat mobil sedang berjalan.Pernahkan anda mendengar suara tak wajar atau mendengung dari gardan saat mobil melaju ? suara tersebut terjadi akibat komponen-komponen yang ada di dalam gardan mengalami gesekan yang mengakibatkan aus pada gardan karena tingkat kekentalan oli (viskositas) sudah berkurang, oli yang sudah berkurang atau bahkan sudah habis. Ganti oli gardan tiap 10.000 Km
Cek Apakah Ada Tetesan Oli
Pernahkah kamu melihat ada tetesan oli di bawah gardan mobilmu ? jika pernah, pendapat saya adalah seal gardan anda ada yang bocor dan harus diganti begitu juga ganti oli gardan anda dengan segera. Jika oli gardan tidak segera di ganti dan diperbaiki seal-nya bisa jadi oli gardan anda akan habis dan dapat membahayakan anda jika gardan macet tiba-tiba.Sekian artikel saya kali ini yang berjudul pengertian gardan, fungsi gardan dan cara perawatan atau merawat gardan mobil. Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar