Cara Mudah Ganti Oli Gardan Mobil

Cara Mudah Ganti Oli Gardan Mobil - Gardan mobil adalah bagian yang sangat penting, gardan mobil tidak hanya kumpulan roda gigi yang saling terhubung utuk meneruskan tenaga dari kopel menuju poros roda, namun gardan juga memiliki oli gardan yang berfungsi untuk melumasi gardan yang berguna untuk menghindari aus-nya komponen-komponen dalam gardan.

Berikut Cara Ganti Oli Gardan Mobil ;

Siapkan alat dan bahan untuk mengganti oli gardan mobil anda, yaitu kunci shock 24 mm dan oli gear atau oli gardan dengan jenis 80W-90 jenis oli lain tergantung jenis mobil anda, jika bingung tanyakan ke toko oli gardan oli apa yang cocok untuk merek mobil anda.
  1. Lihat bagian bawah mobil anda maka anda akan menemukan dua lubang pengisian dan pembuangan oli gardan seperti gambar di bawah ini :
    Gardan Mobil
    Lubang yang dilingkari warna biru adalah untuk pengisian oli gardan dan lubang yang dilingkari warna merah adalah untuk pembuangan oli gardan.
  2. Kemudian buka baut yang dilingkari warna merah dahulu yaitu baut pembuangan oli gardan untuk membuang oli bekas yang telah dalam keadaan buruk.
    Baut Pembuangan Oli Gardan
    Sumber gambar : http://otodiy.blogspot.com/
    Setelah semua oli keluar dari gardan, tutup kembali baut pembuangan oli.

  3. Kemudian buka baut pengisian oli gardan dan masukan oli kedalam gardan. Anda membutuhkan wadah bantuan untuk dapat memasukan oli kedalam gardan dengan mudah seperti gambar di bawah ini, yaitu dengan cara memasukan oli ke botol dengan selang agar mudah untuk memasukan oli kedalam gardan
    Oli dan Botol Untuk Memasukan Oli Kedalam Gardan
    Memasukan Oli Gardan
    Sumber gambar : http://otodiy.blogspot.com/
    Atau anda tidak memiliki botol anda dapat menggunakan plastik tebal yang di isi oli gardan untuk dimasukan kedalam gardan, untuk cara ini anda harus berhati-hati jangan sampai plastik pecah atau oli gardan yang tumpah terbuang sia-sia.
  4. Setelah berhasil memasukan oli gardan maka tutup kembali lubang pengisian dan coba kendarai mobil anda secara perlahan untuk mencoba apakah mobil anda telah berkerja dengan normal.
Sekian artikel saya kali ini mengenai bagaimana cara ganti oli gardan sendiri, tentunya lebih hemat dan mandiri jika anda mengganti oli gardan sendiri. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Ganti Oli Gardan Mobil Rating: 4.5 Posted By: Travel and Destination Guide

0 komentar: